Beranda > Pendidikan > Anggaran Pendidikan 20%

Anggaran Pendidikan 20%

Oleh : Ahmad Averoz

Meskipun dalam kondisi anggaran yang masih sangat terbatas, dalam rangka memenuhi Keputusan Mahkamah Konstitusi tanggal 13 Agustus tentang alokasi dana pendidikan harus kita hormati. Maka postur RAPBN 2009 dilakukan perubahan dan pemuktahiran,” katanya saat membbacakan Pidato Presiden RI di Depan Rapat Paripurna DPR RI, di Gedung DPR. Dalam dokumen tambahan nota keuangan 2009, lanjutnya, asumsi harga minyak telah dirubah menjadi 100 dolar AS dari proyeksi sebelumnya 130 dolar AS per barel. ”Dengan demikian anggaran subsidi minyak dan listrik juga mengalami penurunan. Sehingga akhirnya, alhamdulillah, anggaran pendidikan sebesar 20 persen dapat dipenuhi. Meskipun defisit anggaran harus dinaikkan sebesar Rp 20 triliun menjadi 1,9 persen dari PDB,” jelasnya.

Namun, anggaran pendidikan untuk tahun 2008 masih tetap meskipun putusan MK yang mengamanatkan anggaran pendidikan 20 persen telah keluar. SBY menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir alokasi anggaran Departemen Pendidikan Nasional merupakan alokasi tertinggi dibandingkan dengan departemen lainnya.

”Anggaran pendidikan telah meningkat hampir dua kali lipat dari Rp 78,5 triliun pada tahun 2005 menjadi Rp 154,2 triliun pada tahun 2008. Bahkan, di tengah krisis harga minyak dan pangan dunia yang berdampak pada perekonomian kita, kita telah bisa memenuhi anggaran pendidikan 20 persen dari APBN sebagaimana diamanatkan konstitusi,” paparnya.

SBY mengatakan pemerintah mengusulkan anggaran pendidikan dalam nota keuangan ditambah Rp 46,1 triliun. Ketua DPR Agung Laksono menyatakan kendati dalam putusannya mengabulkan gugatan PGRI, namun MK mengemukakan bahwa UU APBNP 2008 tetap berlaku sampai dengan diundangkannya UU APBN tahun anggaran 2009.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: