itu Wedang Angkringan atau Wedang Hek?

Istilah Angringan saat ini sudah tidak asing lagi di masyarakat Jogjakarta, Angringan adalah sebuah warung makan tenda yang berada di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak yang agak lebar. Istilah Angkringan di pakai karena ketika makan / jajan di situ posisi kaki biasanya nangkring (kaki di atas). Maka Angkringan dari istilah Nagnkringan.

Di beberapa tempat di Solo, saat ini kita sering menjumpai wedangan Hek, nah beda Angkringan dan Hek adalah jika Hek itu berkeliling ke kampung-kampung sedangkan Angkringan itu menetap di suatu tempat. Naumun saat ini sangat susah di jumpai Hek, yang ada Angkringan. Jadi Angkringan itu adalah perjalanan dari bisnis Hek. Bahkan dari tahun 60-an Hek sudaha ada di wilayah surakarta. Kemudian berkembang-dan berkembang hingga sekarang.

Jika di solo, wedangan Angkringan dan Hek menjual istilah Wedang Kampul( lemon Tea), Orak-arik Sandal (jadah yang di bakar kemudian di beri susu), Pidang Owol (Pisang di bakar kemudian di beri susu), sego kucing (jika di solo ciri khasnya Nasi, Sambal, bandeng. Sedangkan Agkringan di Jogjakarta agak berbeda, misalnya untuk nasi kucing (NAsi, sambal, sayur tempe atau lainya), kemudian tidak ada istilah wedang kampul tetapi biasanya wedang kopi.   Nah itulah istilah antara Hek dan Angkringan. Sama-sama mempunyai karakter sediri-sendiri dan setiap wilayah juga mempunyai perbedaan. Oiya ada yang lupa. Rata-rata yang saya jumpai banyak pedagang Angkringan berasal dari Bayat, Klaten. Ada yang mengatakan bahwa Angkringan pertama kali dari Bayat, Klaten. Semoga Angkringan ataupun Hek dapat terus berkembang di saat perkembangan bisnis kuliner yang sangat pesat.  (Sragen, 25/0/10)

  1. 28 Juni 2013 pukul 14:31

    tambah pinter aja nih habis baca,trims

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: